Anom (081703931429) - Endrawati (081907833379) spmb@uinmataram.ac.id

Ketentuan Umum

  • Lulus tahun 2015, 2016 dan 2017 dari Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Lulusan tahun 2015 dan 2016 harus sudah memiliki ijazah. Lulusan tahun 2017 harus mempunyai Surat Keterangan Lulus/Ijazah dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan ditandai stempel Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.
  • Ijazah/Surat Keterangan Lulus akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
  • Peserta dapat memilih tipe ujian yang disukai dengan syarat kuota ruangan masih tersedia. Terdapat 2 (dua) macam tipe ujian yaitu :
    • Paper Based Test (PBT) , adalah ujian yang diselenggarakan secara tertulis. Soal dan Jawaban disajikan di dalam kertas. Untuk tes ini Peserta wajib membawa pensil 2B pada saat ujian karena tes ini menggunakan Lembar Jawaban Ujian (LJU) Komputer.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 ( Dua Ratus Ribu Rupiah )

Belum termasuk biaya tambahan jika transaksi menggunakan Virtual Account.

 

Alur Pendaftaran


  • Calon peserta mendaftar dan mengisi biodata secara online di www.um-ptkin.ac.id hingga mendapat nomor SIP (Slip Instruksi Pembayaran), PIN dan informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.
  • Calon peserta melakukan pembayaran di Bank BNI atau Selain BNI dengan ketentuan sebagai berikut :
    • Melalui Bank BNI atau BNI Syariah, pembayaran dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang, ATM, Internet Banking, SMS Banking, Keagenan Bank BNI / BNI Syariah dengan menunjukkan/memasukkan nomor SIP.
    • Selain Bank BNI, pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer ke Virtual Account BNI melalui Kantor Pos atau Bank manapun di seluruh Indonesia yang mendukung transfer antar bank dengan menunjukkan nomor SIP sebagai nomor Virtual Account BNI anda. (ada tambahan biaya tergantung mitra).
  • Peserta mendapat bukti pembayaran. Biaya seleksi yang sudah dibayar tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  • Peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um-ptkin.ac.id dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk memilih kelompok ujian, program studi, lokasi ujian dan tipe ujian (CBT atau PBT) hingga cetak kartu ujian.
  • Mengikuti ujian CBT atau PBT di lokasi PTKIN yang telah dipilih.

Laman Resmi dan Alamat Panitia Nasional


    1. Informasi resmi mengenai UM-PTKIN dapat diakses melalui laman http://um-ptkin.ac.id/.
    2. Informasi juga dapat diperoleh dari humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat.
    3. Alamat Panitia UM-PTKIN 2017.

Jl. Pendidikan No. 35, Mataram 83125,
Email : spmb@uinmataram.ac.id
Website : www.uinmataram.ac.id
Layanan di hari Senin-Jum’at Pukul 07.30 s.d 16.00 WIB.